My Page Views

Thursday, January 13, 2011

Roh Kudus, Penuntun Kita


Yohanes 16:12-15

Di dalam dunia ini, semua anak-anak Tuhan berada dalam suatu perjalanan. Dan sementara kita menjalani hidup menuju rumah kita yang kekal, setiap kita akan menghadapi berbagai pilihan. Jalan yang bercabang dan persimpangan tak bertanda akan menantang dan membuat kita frustasi. Dalam situasi yang demikian, bagaimana kita dapat mengetahui kemana kita harus melangkah?

Yesus berjanji untuk memberi Penuntun yang senantiasa hadir dan ada di dalam kita. Dimulai saat menerima keselamatan, setiap orang yang percaya kepada sang Juruselamat didiami oleh Roh Kudus, yang berjanji untuk menuntun orang percaya kepada segala kebenaran. Seperti kompas yang tertanam di dalam kita, Ia akan menuntun kita tepat ke jalan yang benar, apapun pilihannya. Ia tidak pernah melakukan kesalahan.

Lalu Anda mungkin berpikir, Bila Ia hidup di dalamku dan tidak pernah membuat pilihan yang salah, lalu kenapa hidup saya selalu kacau? Tuntunan-Nya senantiasa benar, namun kita tidak selalu menerimanya dengan jelas. Berserah kepada Tuhan adalah persyaratan utama untuk menerima tuntunan-Nya. Kita tidak dapat mentolerir dosa dan melakukan satu aspek sesuai keinginan kita dan kemudian mengharapkan tuntunan-Nya untuk aspek yang lain.

Apa yang dilakukan dosa kepada pemahaman kita terhadap tuntunan Tuhan sama dengan yang dilakukan magnet kepada jarum kompas. Jika magnet ditempatkan di sebelah kompas, maka jarumnya akan menunjukan ke berbagai arah. Dengan cara yang sama, dosa menyesatkan arah kita.

Ketika suatu keputusan tidak jelas, tanyakanlah kepada diri Anda: Apakah Kristus akan dipermuliakan dengan pilihan ini? Dapatkah saya melakukannya di dalam nama Yesus? Jika jawabannya tidak, maka jangan ikuti jalan itu, sebab Roh Kudus tidak menuntun Anda kesana. Tuntunan-Nya senantiasa selaras dengan Firman Tuhan dan membawa kemuliaan kepada Tuhan.
-------------------------------------
By. Sentuhan Hati (13/01/11)

No comments:

Post a Comment