My Page Views

Sunday, February 20, 2011

Tuhan dalam Tiga Pribadi

Matius 28:18-20

Beberapa tahun yang lalu, setelah saya berkhotbah mengenai Roh Tuhan, seorang wanita mendekat untuk menyampaikan keluhan, “Mengapa Anda berbicara mengenai Roh Kudus, sedangkan orang perlu mendengarkan mengenai Yesus dan Tuhan?” Terkadang, bahkan mereka yang sudah lama menjadi umat Kristen, memandang Tritunggal sebagai suatu hirarki. Menurut cara berpikir mereka, Bapa adalah Tuhan, dalam pangkat dan senioritas, Yesus berada sedikit dibawahNya, sedangkan Roh Kudus adalah pelayan mereka. Meskipun hal ini adalah sesuai dengan model otoritas manusia, hal ini bukan alkitabiah.

Menurut Kitab Suci, ketiga anggota Tritunggal adalahTuhan:

Allah Bapa—Yesus Kristus mengacu pada BapaNya sebagai Tuhan (Yohanes 6:27).

Allah Putera—Yohanes 1:1 mengidentifikasi Yesus sebagai ilahi. Meskipun Kristus tidak pernah secara khusus menyebut Dirinya “Tuhan,” Bapa yang memberikan sebutan itu kepadaNya (Ibrani 1:8). Selanjutnya, Yesus mengakui bahwa Ia memiliki kekuasaan yang tidak terbatas—sesuatu yang hanya dimiliki oleh Pencipta ilahi (Matius 28:18) —serta juga disembah (Matius 28:18; Yohanes 9:38).

Allah Roh Kudus—Setelah menyatakan bahwa Tuhan telah mengangkat Kristus dari antara orang mati, Kitab Perjanjian Baru melanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada Roh Kudus dengan kebangkitan (Kisah Para Rasul 4:10; Roma 8:11). Yesus memperkuat gagasan itu ketika Ia memerintahkan para rasul untuk membaptis orang percaya baru dalam nama Bapa, dan Putera dan Roh Kudus.


Kitab Suci menegaskan bahwa setiap anggota Tritunggal adalah Tuhan. Bapa, Putera dan Roh Kudus berfungsi sebagai satu unit—tidak ada yang lebih penting atau kurang penting dari yang lain. Ketiganya berfokus pada rencana bagi umat manusia: penyelamatan, transformasi dan kemuliaan bagi Tuhan.
----------------------------------------
Sentuhan Hati (16 Februari 2011)

No comments:

Post a Comment