My Page Views

Monday, February 7, 2011

Lepaskanlah dan Tumbuhlah

Ibrani 5:11-14

Kemarin kita telah mempelajari ketiga tingkat kehidupan. Hari ini kita berfokus pada manusia daging. Disayangkan bahwa banyak umat Kristiani terjebak di tempat ini. Mereka mencoba untuk patuh pada Tuhan, tetapi “daging” yang lama masih tetap muncul. Kehidupan adalah roller coaster pasang surutnya spiritual.

Terkadang kondisi ini disebabkan oleh ketidaksadaran. Banyak orang gagal untuk menyadari bahwa 1) gaya hidup ini bukan dimaksudkan sebagai norma bagi orang percaya, dan 2) Tuhan telah memperlengkapi kita dengan semua yang kita perlukan untuk menjalankan kehidupan yang beriman. (2 Petrus 1:3-4)

Akan tetapi, alasan yang paling penting mengapa orang percaya menjalankan kehidupan daging adalah karena mereka belum menentukan siapa yang harus mengendalikan. Ada sesuatu yang belum ingin mereka serahkan kepada Tuhan—hal itu dapat berupa gairah, kebiasaan, sumber keamanan atau kesenangan. Kemungkinan lain adalah bahwa mereka telah menyadari panggilanNya, tetapi melarikan diri daripadaNya karena takut atau karena melawan.

Konsekuensi dari hidup dengan cara ini adalah kehancuran. Tanpa adanya Roh yang mengendalikan, maka umat Kristen badaniah tidak dewasa secara spiritual dan dikuasai oleh gairah, hak dan harapan mereka sendiri. Karena ia tidak menerapkan kebenaran Alkitab (susu) yang telah dipelajari sebelumnya, maka ia tidak dapat memahami hal-hal yang lebih mendalam mengenai Kitab Suci (daging). Hasilnya adalah kekerdilan pertumbuhan spiritual.

Jika Anda merasa diri Anda termasuk mereka yang dilukiskan di sini, bertindaklah dengan berani. Anda tidak harus tetap berada dalam kondisi ini. Apa yang Anda pertahankan? Untuk melepaskan mungkin terasa sulit sekali, tetapi kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa berada dalam diri Anda melalui RohNya. Lepaskan genggaman Anda, berserahlah padaNya dan andalkan kekuatanNya.
-----------------------------------
Sentuhan Hati (7 Februari 2011)

No comments:

Post a Comment